Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Mengenal Gejala dan Penyebab Terjadinya Bronkitis

Bronchitis adalah salah satu penyakit peradangan yang menyerang cabang tenggorokan (bronchus). Bronchus sendiri berfungsi sebagai saluran udara untuk membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru. Penyakit ini biasanya umum terjadi dikalangan masyarakat yang biasa diawali dengan flu ringan disebabkan oleh alergi terhadap debu.

Bronchitis adalah salah satu penyakit peradangan yang menyerang cabang tenggorokan (bronchus).Secara medis terjadinya bronkitis dikarenakan dinding bronkus menghasilkan mukosa yang berlebih. Mukosa atau dahak yang berlebih tersebut disebabkan oleh virus tertentu atau adanya iritasi. Mukosa pada awalnya membantu menahan debu atau partikel lainya untuk masuk ke paru-paru. Jika sudah berada pada kondisi ini, sekaligus menandakan seseorang telah menderita bronkitis akut.

Bronkitis akut jika tidak diperhatikan dengan serius tanpa kita mengenal gejalanya, ini akan berakibat serius ke bronkitis kronis. Walaupun pada kebanyakan kasus yang ditemui, pada kondisi akut penyakit tersebut dapat sembuh dengan sendiri dengan menjaga pola hidup sehat dan istirahat yang cukup.

Secara umum penyebab penyakit bronkitis baik dalam kondisi akut maupun kronis sebagai berikut :
  1. Alergi terhadap debu atau polusi udara dapat berupa polusi asap kendaraan, asap pembakaran, dll
  2. Merokok
  3. Menghirup asap rokok ataupun asap yang ditimbulkan dari zat-zat adiktif
Pada mulanya penyakit ini ditandai dengan flu. Tak banyak dari mereka yang menderita mengetahui gejala awal yang timbul dikarenakan gejalanya sama persis dengan flu dan batuk biasa. Untuk lebih mengenal gejala penyakit ini berikut ulasannya :
  1. Adanya dahak berlebih yang ada di dinding bronkus ditandai saat menelan tanpa mengkonsumsi apapun ada dahak yang mengganjal
  2. Sering menderita flu
  3. Jika sudah berada di kondisi kronis mengalami batuk berdahak dengan dahak bewarna kemerahan dan gatal ditenggorokan
  4. Nafas terasa sesak dan sering batuk pendek seperti asma
  5. Demam pada malam hari
  6. Kondisi dahak yang terus berubah warna secara berkala bermula dari dahak berlendir warna putih biasa, kuning, hijau hingga kemerahan yang menandakan kronis
  7. Berkeringat dingin dimalam hari
Untuk menghindari penyakit ini lebih parah, jika sudah menemukan tanda-tandanya kita sudah berada di kondisi akut, segeralah periksa kesehatan. Secara umum, bronkitis akut dalam waktu 1-2 minggu dapat hilang dengan sendirinya, namun jika tetap dirasakan memerikasakan diri ke dokter kemudian untuk memastikan kondisi kesehatan kita, uji laboratorium terhadap dahak yang kita keluarkan dirasakan itu perlu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Mengenal Gejala dan Penyebab Terjadinya Bronkitis

0 komentar: