Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Mendiagnosis Penyakit Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Sebuah data yang mengejutkan yang disampaikan oleh Profesor Nam Cho yang menjabat sebagai Ketua International Diabetes Federation untuk kawasan Asia Pasifik (IDF-WPR) pada hari diabetes dunia 14 November 2014, bahwa "Indonesia telah menempati peringkat kelima dunia dalam posisi penderita penyakit diabetes". (Sumber tempo). Bahkan, data ini dapat meningkat seiring dengan pola hidup sehat yang buruk. 

Dari setiap asupan makanan yang kita makan kemudian diproses melalui sistem metabolisme akan menghasilkan sumber energi berupa glukosa atau gula selanjutnya akan diserap oleh tubuh dengan adanya bantuan dari hormon insulin yang dihasilkan dari pankreas sehingga menghasilkan sumber tenaga untuk kita melakukan aktivitas.

Penyakit diabetes itu ada dua jenis lho yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Bedanya apa ? Pembahasannya ada disini...
Namun, bagi penderita diabetes kadar glukosa dalam darah tidak diserap baik dan menjadi tenaga oleh tubuh dikarenakan adanya gangguan pada sistem metabolisme tubuh yaitu kekurangan hormon insulin ataupun adanya resistensi insulin dalam tubuh.

Jika sudah ditemukan tanda dan gejala diabetes dalam diri kita, untuk lebih memastikan hasil yang akurat perlu dilakukan pengecekan darah di laboratorium sebagai langkah kita tidak menganggap remeh tanda tersebut sebelum cukup terbilang sulit dalam upaya penyembuhan

Diabtes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2

Dalam ilmu kedokteran, penyakit diabetes dapat dikelompokkan menjadi 2(dua) jenis :

A. Diabetes Tipe 1  
Insulin adalah hormon yang diperlukan untuk menyerap glukosa dan nutrisi menjadi sumber tenaga yang diproduksi oleh pankreas. Namun penderita diabetes tipe 1 ini, organ pankreas tidak berkerja dengan  baik dikarenakan adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh yang menyerang pankreas dan menghancurkan sel islet penghasil hormon insulin.

Jika ini dibiarkan, lambat laun pankreas akan memproduksi insulin menjadi berkurang bahkan tidak sama sekali. Hal inilah yang menjadikan penyakit ini dapat berkembang dengan cepat. Adapun gejala yang ditimbulkan :
  1. Daya pengelihatan menjadi kabur
  2. Terus merasa lapar
  3. Kekurangan cairan tubuh dikarenakan sering buang air kecil dan sering haus
  4. Merasa kelelahan dan ritme nafas seperti sedang kelelahan
Kebanyakan dari mereka yang mengidap tipe 1 ini terjadi pada usia anak-anak dan remaja. Beberapa faktor penyebab diantarana : keturunan, memiliki kelainan pada sistem kekebalan tubuh dan kondisi lingkungan sekitar seperti tidak menjaga asupan makanan, terserang bakteri atau virus yang parasit dalam tubuh, dan faktor lainya.

A. Diabetes Tipe 2 
Lain halnya dengan diabetes tipe 2 dapat terjadi karena adanya resistensi insulin artinya produsi insulin tetap normal seperti biasanya akan tetapi tidak bekerja dengan baik untuk menjaga agar gula darah tetap normal. 

Jika baru terdapat gejala pada tipe 2 ini dan masih berada dalam kondisi belum cukup serius, hal ini masih dapat diatasi dengan melakukan aktivitas olahraga secara rutin dan mengkonsumsi makanan yang sehat. 
 

Bagimana cara mendiagnosa penyakit diabetes ?

Ada beberapa tes uji lab yang dilakukan untuk mengetahui secara pasti apakah seseorang mengidap deiabetes :
  1. Diabetes tipe 1 dapat dilakukan dengan cara sederhana berikut : (1). pengecekan gula darah saat menjalani puasa dikatakan positif diabetes jika menunjukan angka 126 mg/dl. 
  2. Diabetes tipe 2 dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : (1). Sama dengan tipe 1 (2). pengecekan dula darah dilakukan sewaktu-waktu untuk membedakan apakah hasilnya nanti akan berubah drastis atau tidak. (3). Dengan melakukan tes toleransi glukosa oral, dengan meminum air larutan gula sebelum dilakukan tes. Setelah 2 jam barulah dilakukan tes, jika seseorang tidak mengidap diabetes, kadar gula darahnya akan kembali normal, sedangkan penderita diabetes kadar gula darah akan tetap tinggi.
Walaupun sama-sama dalam katagori menderita diabetes, namun dari sisi penanganannya berbeda. Untuk tipe 1 langkah medis yang biasa ditangani dengan memberikan suntikan insulin secara berkala, sedangkan tipe 2 penaganannya dengan memberikan obat telan yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Selanjutnya mengontrol asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Mendiagnosis Penyakit Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

0 komentar: