Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Kenapa Penyakit Diabetes Sering Menyerang Kaki ?

Kenapa Penyakit Diabetes Sering Menyerang Kaki ? Pertanyaan ini kerap kali diungkapkan bagi penderita diabetes atau mereka yang seringkali melihat atau mendengar mereka yang terkena penyakit gula darah ini. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu kami sampaikan bahwa bagi seorang penderita penyakit diabetes, insulin sangat berperan penting guna mengontrol gula darah agar berada pada level batas normal. Kekurangan insulin atau terjadinya resistensi insulin, jika sudah berada pada kondisi yang kronis, diabetes pada umumnya menyerang kaki. Kenapa demikian ?

Inilah jawaban menurut ahli kesehatan :
"Menurut Prof Sarwono Waspadji, peneliti pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK-UI), gangguan kaki diabetik terjadi karena kendali kadar gula yang tidak dilakukan dengan baik dan berlangsung terus-menerus selama bertahun-tahun. Penyebab utamanya adalah kerusakan syaraf (neuropati diabetik) dan gangguan pembuluh darah. Syaraf yang telah rusak membuat pasien diabetes tidak dapat merasakan sakit, panas, atau dingin pada tangan dan kaki."(sumber terpecaya dari http://www.pdpersi.co.id).

Oke, untuk penjelasan lebih lanjut, anda dapat membaca uraian selengkapnya di bawah ini :

Pada kondisi normal, ketika kita mengkonsumsi makanan apa saja yang mengandung karbohidrat, maka secara otomatis makanan tersebut akan diproses melalui metabolisme yang ada pada tubuh kita (sistem pencernaan) diurai menjadi glukosa. Glukosa ini kemudian akan diperses menjadi energi oleh tubuh. Setelah diproses di dalam sistem pencernaan, glukosa tersebut akan masuk dan dialirkan ke dalam darah yang kemudian tubuh akan merespon bahwa telah ada peningkatan kadar glukosa dalam darah.

Sebagai respon dari tubuh, maka secara otomatis pesan tersebut akan disampaikan kepada organ pankreas, kemudian pankreas akan menghasilkan hormon insulin. Peran insulin adalah merubah glukosa yang ada di dalam darah tadi menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga tubuh lebih bertenaga dan tidak lesu.

Sebelum glukosa dirubah menjadi energi, hormon insulin akan mengedarkan glukosa ke seluruh sel tubuh yang memerlukan energi seperti otot. Disinilah uniknya, hormon insulin akan bertindak seperti kunci yang membuka pintu agar glukosa dapat masuk ke dalam sel. Glukosa yang berlebih, akan disimpan di dalam hati yang berfungsi sebagai cadangan energi. 

Kemudian, pada saat glukosa kembali meningkat di dalam darah, maka hormon insulin akan kembali diproduksi oleh organ pankreas. Sehingga kadar gula darah pada diri orang yang normal akan stabil. Namun, pada orang yang mengidap diabetes, mekanisme ini tidak berjalan semestinya. Insulin yang diproduksi tidak mampu mengendalikan gula darah. Seperti yang kami gambarkan diatas, bahwa insulin adalah kunci untuk membuka pintu agar glukosa dapat masuk ke dalam sel - sel. Itu bearti, pasien diabetes kekurangan kunci untuk membuka pintu sehingga, glukosa dalam darah menumpuk. Kondisi ini terjadi biasanya terjadi karena faktor kelainan genetik.

Kaki Penderita Penyakit Diabetes 


Jika sudah menunjukkan gejala demikian diperkuat hasil tes uji laboratorium ternyata positif menderita diabetes, langkah utama yang harus dilakukan adalah dengan cara menurunkan kadar gula darah bagi penderita secepat mungkin. Bagaimana caranya ? Terlebih dahulu anda harus mengetahui pantangan penyakit diabetes seperti mengurangi makanan apa saja yang mengandung kadar gula diantanya nasi, gula, kue yang manis dan lainnya, kemudian kami sarankan untuk mengatasinya secara alami seperti menggunakan ramuan herbal untuk mengobati diabetes.



Pada video di atas adalah penderita kencing manis yang sudah kronis meyerang kaki. Gejala yang timbul pada kaki biasanya diawali dengan kulit kaki kering, bersisik, mati rasa diarea luka jika terjadi luka, warna kulit merah seperti memar, gejala lainnya yang timbul. Sebenarnya kondisi tersebut dapat dihindari sejak awal ditemukannya gejala dengan cara merubah gaya hidup seperti cukup berolahraga, menghindari makanan yang mengandung kadar gula, melakukan senam diabetes dan mengkonsumsi ramuan herbal alami secara rutin dan teratur.

Maka dari itu, bagi mereka yang memiliki kadar gula di dalam darah di atas normal perlu dilakukan pengecekan secara rutin setiap beberapa bulan atau setiap bulannya. Untuk memantau perkembangan diabetes yang diderita. Anda dapat membeli peralatan pengecekan gula darah, sehingga kapanpun anda dapat melakukan pengecekan sendiri. 

Disamping itu jika terjadi luka pada kaki sekecil apapun bagi penderita DM, atau terbentur sesuatu yang mengakibatkan memar, jangan dibiarkan begitu saja, untuk menghindari infeksi luka tersebut meluas. Segera dilakukan pengecekan pada dokter jika tak kunjung membaik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Kenapa Penyakit Diabetes Sering Menyerang Kaki ?

0 komentar: