Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Hepatitis B - Gejala, Penyebab dan Obatnya

Penyakit hepatitis B tergolong ke dalam penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus tersebut bernama virus VHB yang menyerang organ hati yang mengakibatkan peradangan hati besifat akut atau kronis. Peradangan hati tersebut dapat terjadi dalam beberapa waktu hingga menahun lamanya, dan sebagian kecil dari mereka yang mengidap penyakit ini mengalami sirosis hati atau kanker hati.

Hepatitis B - Gejala, Penyebab dan Obatnya
Kita ketahui bersama organ tubuh pada manusia memiliki peranannya masing-masing yang tak bisa digantikan fungsinya oleh organ lainnya. "Hati" yang memiliki fungsi pada tubuh manusia salah satunya sebagai detoksifikasi artinya sebagai pemecah senyawa racun yang masuk kedalam tubuh melalui makanan, minuman, radikal bebas ataupun hasil dari metabolisme tubuh kita.

Bayangkan apa yang terjadi jika fungsi hati tersebut mengalami gangguan ? Penyakit ini termasuk penyakit yang menghambat fungsi tersebut.

Cara Mengenalinya

Bagaimana saya mengetahui ? Setelah proses inkubasi selesai antara 30-90 hari barulah menunjukan gejala-gejala awal yang timbul seperti mual, rasa kehilangan nafsu makan, berat badan menurun dan demam (pada kondisi ini kebanyakan dari penderita tidak menyadari bahwa sudah berada pada kondisi akut).

Selanjutnya dalam proses beberapa bulan (6 bulan lebih) sudah menunjukan tanda-tanda yang cukup serius seperti rasa nyeri diperut bagian kanan jika ditekan, pembengkakan perut dan kaki, warna urine dan tinja berubah dan lainnya (tahap kronis).


Gejala 

Untuk mengindari dan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus ini lebih lanjut, mendeteksi lebih dini itu labih baik dengan memperhatikan beberapa gejala yang muncul :
  1. Demam tinggi diiringi rasa nyeri pada tubuh, hal ini menyerupai gejala flu
  2. Nyeri perut dibagian kanan jika ditekan akan merasakan sakit
  3. Kehilangan nafsu makan
  4. Kulit dan mata menguning
  5. Penurunan berat badan secara drastis
  6. Warna urine menjadi kuning pekat dan warna tinja menjadi pucat
Jika terdapat beberapa gejala atau satu diantara muncul menimpa seseorang, segeralah tanpa harus menunggu gejala-gejala berikutnya untuk memeriksakan diri ke dokter dengan melakukan tes darah pada laboratorium sehingga penanganan akan cepat di atasi.

Mengapa harus demikian ? kebanyakan penderita sering menganggap hal-hal tersebut tidak serius, padahal penyakit hepatitis ini cepat menyebar dan mengganggu fungsi kinerja organ lainnya serta akan membuat sistem pertahanan tubuh setelah masa inkubasi yang berlangsung antara 30-90 hari. 

Penyebab

Untuk menghindari penyakit ini menimpa seseorang, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu faktor apkaah yang menjadi penyebab hingga penyakit ini diderita oleh seseorang. Sehingga dari hal tersebut seminimal mungkin dapat kita hindari.
  1. Melakukan hubungan layaknya pasangan yang sudah menikah dengan penderita dikarenakan penyakit ini dapat menular melalui kontak mulut, caran yang keluar dari organ pribadi wanita/pria maupun darah haid.
  2. Penggunaan jarum suntik tidak steril dengan orang yang sama, biasanya ditularkan melalui penatoan, penggunaan dari jenis narkotika termasuk akupuntur, dll.
  3. Bersentuhan dengan darah yang sudah terinfeksi
  4. Ibu menunarkannya pada bayi yang dilahirkan melalui persalinan, jika ada ibu hamil yang akan mengalami persalinan sebaiknya dalam proses melahirkan melalui caesar.
  5. Menggunakan alat kebersihan secara bersama-sama seperti penggunaan pisau cukur, sikat gigi, penjepit kuku dan lainnya.

Langkah Pengobatan Bagi Penderita

Belum ada penangan khusus untuk mengobati penyakit ini, selama ini penanganannya dilakukan dengan menghambat penyebaran dan produksi virus dan mencegah terjadinya kerusakan pada hati untuk menghindari terjadinya komplikasi yang lebih kronis. Selain itu ada tindakan pemberian vaksin perlu dilakukan kepada penderita.

Secara Tradisional tindakan pencegahan dan pengobatan dengan menggunakan tumbuhan obat herbal antara lain : temulawak, sambiloto, akar alang-alang, kunyit, buah kacapiring, rumput mutiara, buah mengkudu yang dapat diolah dengan cara direbus dengan air secukupnya dan ambil sarinya.

Tanaman tradisional tersebut berfungsi untuk melindungi hati dari zat perusak/racun tubuh yang dapat merusak hati, anti peradangan dan meningkatkan produksi empedu oleh hati.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Hepatitis B - Gejala, Penyebab dan Obatnya

0 komentar: