Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Gigi Berlubang Baiknya ditambal Atau dicabut Ya ?

Pasien : Sebaiknya gigi berlubang ditambal atau dicabut ya ?
Pasien : Jika ditambal apakah akan kuat dan tahan lama tambalannya ?
Pasien : Jika dicabut apakah terasa sakit ?
Pasien : Jika dicabut apakah akan mengganggu saraf ?
Pasien : Jika ditambal atau dicabut, bagaimana bagaimana nantinya ya...??? 

Gigi Berlubang Baiknya ditambal Atau dicabut Ya ? Beberapa pertanyaan di atas sering diutarakan kepada dokter atau menjadi obrolan khusus bagi mereka yang mengalami masalah gigi berlubang. Terkadang kita mengalami kebingungan dengan pencabutan gigi berlubang, dikarenakan jika dicabut akan kehilangan fungsi mengunyah makanan dan dampak lainnya. Bagaimana jika tidak dicabut, suatu saat rasa sakit berdenyut-denyut akan muncul kembali. Apa yang mesti dilakukan ?.

Gigi berlubang terjadi dikarenakan adanya kerusakan pada enamel dan dentin gigi disebabkan oleh bakteri jenis tertentu yang mengubah gula menjadi asam, sehingga apabila gigi tidak terawat dengan baik seperti tidak menyikat gigi dengan benar dengan sisa-sisa makanan masih terselip diantara gigi, menjadi faktor penyebaran bakteri tersebut berkembang.

Kebanyakan dari mereka yang mengalami masalah kesehatan gigi berlubang, setelah adanya rasa sakit muncul barulah mengunjungi dokter gigi bahkan jika rasa sakit tidak begitu mengganggu dan hilang, sering mengabaikannya begitu saja.

Gigi berlubang seringkali menjadi masalah kesehatan serius, sebaiknya ditambal atau dicabut ya ?

Padahal, membiarkannya begitu saja lambat laun akan menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius diantaranya bau mulut, area lubang akan semakin membesar hingga mahkota gigi patah, pembengkakan gusi, infeksi, dan masalah kesehatan lainnya.

Gigi Berlubang Ditambal atau Dicabut

Untuk membuat pilihan tersebut, langkah pertama yang mesti dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu. Terkadang kita merasa takut untuk menemuinya atau mengalami trauma karena pemngalaman cabut gigi diwaktu kecil atau alasan tertentu lainnya tidak menemui dokter gigi.

Namun, kita tak perlu kuatir. Untuk mengatasi masalah gigi berlubang dokter gigi sudah berpengalaman dalam masalah tersebut.

Beberapa faktor yang menentukan dicabut atau tidaknya gigi berlubang ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya kondisi gigi benar-benar rusak (mahkota patah) hingga menyisakan akar gigi, adanya infeksi pada pulpa dan sering mengalami pembengkakan pada gusi gigi yang sakit serta dikuatirkan akan terjadi komplikasi penyakit lainnya.

Namun pada kondisi tertentu, walaupun gigi sudah berlubang hingga dikatakan parah sekalipun masih dapat dipertahankan dengan memperhatikan kondisi akar gigi.

Sebaiknya, sedapat mungkin tidak dilakukan pencabutan gigi dengan mempertahankannya, dengan cara ditambal atau dilakukan pembuatan mahkota gigi atau dengan cara lainnya untuk menghindari perubahan struktur gigi. Namun, jika tidak dapat dipertahankan sebaiknya dicabut untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih buruk. Melakukan konsultasi ke dokter gigi sebelum mengambil langkah itu lebih baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Gigi Berlubang Baiknya ditambal Atau dicabut Ya ?

0 komentar: