Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Gejala Penyakit Herpes, Ciri Ciri dan Penyebabnya

Penyakit herpes adalah salah satu penyakit yang terjadi dikarenakan adanya peradangan pada kulit disebabkan oleh virus dari jenis hepertoviridae. Bentuk dari peradangan tersebut dapat berupa bintik-bintik merah pada kulit, adanya ruam bewarna merah hingga munculnya gelembung-gelembung berkelompok yang berisi cairan.

Penyakit herpes tak selamanya dikatakan penyakit yang disebabkan oleh berhubungan private layaknya pasangan yang sudah menikah atau prilaku menyimpang yang kebanyakan pemahaman dari kita demikian. Walaupun ada persentasenya ditemui kasus yang menunjukan demikian, ada jenis virus khusus yang menyerang organ pribadi pada manusia yang dikatakan penyakit herpes tertentu. (penjelasannya ada di bawah)

Benarkah penyakit herpes yang dipahami selama ini adalah penyakit kepribadian? Kenali gejala penyakit herpes, penyebab dan ciri-ciri herpes.

Herpes mirip sekali dengan cacar, walaupun ada yang mengatakan penyakit ini seperti cacar api atau cacar ular atau beberapa orang menyebutnya dengan nama "penyakit kayap". Penampakan yang mencolok jika herpes mucul pada pada kulit adalah terdapat gelembung-gelembung berisi cairan yang berkelompok.

Gejala Penyakit Herpes

Pada umumnya, gejala penyakit ini pertama kali muncul ditandai dengan kondisi panas tubuh yang tidak stabil, kelelahan fisik dan rasa sakit pada sendi (seperti pegal-pegal), munculnya ruam(bintik mereh seperti bekas kerokan) hingga berbentuk gelembung kecil pada tubuh dirasakan gatal dan panas seperti terbakar. Gejala lainnya yang dapat dikenali adalah sebagai berikut :
  1. Akan merasa gatal, geli dan panas seperti luka bakar pada bagian tubuh yang akan muncul ruam.
  2. Merasakan sakit pada bagian dalam tubuh yang dirasakan pada sendi-sendi.
  3. Setelah munculnya ruam, dalam beberapa hari atau minggu akan terbentuk lepuhan gelembung-gelembung berisi cairan bewarna bening dalam ukuran kecil maupun besar secara berkelompok.
  4. Disertai dengan demam, kepala pusing, suhu tubuh terkadang naik turun.
Jika sudah menunjukkan gejala timbulnya gelembung-gelembung kecil, sebaiknya tidak dipecahkan karena akan menimbulkan rasa pedih seperti luka bakar dan pecahan berisi cairan tersebut akan memperbanyak munculnya gelembung pada area yang dipecahkan.

Gelembung-gelembung yang berisi cairan bening tersebut dapat muncul dipermukaan kulit mana saja. Namun, lebih spesifiknya gelembung tersebut kebanyakan akan muncul di area organ pribadi manusia inilah yang dikatakan penyakit herpes menular. Itu bearti ada 2 jenis penyakit herpes yang dimadsud, antara lain :

A. Penyakit Herpes Zooster

Disebabkan oleh virus Varicella Zoster (VZV). Bagi penderita cacar air berkemungkinan memiliki resiko terbesar terkena penyakit ini dikarenakan jenis dari virus cacar air akan tetap hidup di dalam pusat saraf mengalami hibernasi sementara waktu. Jika daya tahan tubuh melemah, virus tersebut dapat sewaktu-waktu muncul (aktif kembali). Umumnya ia akan muncul menjelang usia lanjut pada usia 50 tahun.

Penyakit ini juga disebut sebagai penyakit cacar ular, mungkin dikarenakan bentuk penyebarannya seperti mengular pada jaringan saraf.

Perbedaan yang tampak mencolok dengan gejala cacar air, gelembung-gelembung yang berisi cairan atau ruam yang muncul terlihat berkelompok. Gelembung yang muncul tersebar di beberapa bagian tubuh seperti pada punggung, dada dan leher.

Gejalanya bermula ditandai dengan gatal, rasa panas pada kulit yang akan muncul ruam. Hingga setelahnya antara 1-2 minggu barulah tampak gelembung-gelembung kecil yang berisi cairan bening berkelompok tersebar pada tubuh.

B. Penyakit Herpes Simplex

Herpes simplex disebut juga sebagai hespes genital atau salah satu penyakit kulit yang menyerang organ private manusia. Peradangan yang terjadi pada kulit dapat ditemui pada permukaan organ pribadi manusia, selangkangan, paha, anus atau daerah sekitarnya pada daerah kepribadian.

Herpes jenis ini terbilang cukup berbahaya dikarenakan dapat menyerang organ vitalitas manusia yang pada umumnya ditularkan melalui berhubungan private layaknya pasangan yang sudah menikah termasuk prilaku menyimpang. Gejala yang muncul pada umumnya sama dengan herpes zooster diiringi rasa nyeri ketika akan buang air kecil.

Ada 2 tipe dari jenis herpes ini antara lain simpleks tipe 1 yang ditandai dengan munculnya ruam atau gelembung pada area wajah, mata, mulut dan tenggorokan dan simpleks tipe 2 yang ditandai dengan gejalanya muncul pada area organ pribadi manusia.

Penyebab

Secara umum ada beberapa faktor penyebab terkena penyakit ini diantaranya :
  1. Sudah memasuki usia lanjut pada umur 50 tahun ke atas akan lebih besar resiko terkena penyakit ini dikarenakan daya tahan tubuh yang mulai menurun apalagi pernah mengalami penyakit cacar air.
  2. Bersentuhan dengan penderita melalui kontak cairan seperti menyentuh cairan gelembung yang pecah termasuk berhubungan private layaknya pasangan yang sudah menikah untuk jenis herpes simplex.

Komplikasi

Komplikasi yang terjadi akan menimbulkan kesehatan yang cukup serius jika tidak teratasi dengan cepat seperti gelembung-gelembung yang muncul pada kulit akan merusak jaringan kulit yang meluas. Selain itu, gangguan yang terjadi pada urat saraf bisa saja terjadi dikarenakan luka yang meluas tadi dan jika terjadi pada bagian muka akan terjadi paralisis otot-otot muka. Disamping itu penyakit herpes yang tidak tertangani dengan baik akan menggangu organ dalam manusia seperti jantung, paru-paru dan otak dengan adanya peradangan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Gejala Penyakit Herpes, Ciri Ciri dan Penyebabnya

1 komentar:

wid arto mengatakan...

terimaksih atas informasinya