Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.


9 Jenis Makanan Berpotensi Meningkatkan Kadar Asam Urat Tinggi

Apa sajakah makanan penyebab asam urat ? Mengingat komplikasi yang ditimbulkan dari penyakit asam urat antara lain terjadinya batu ginjal, gagal ginjal, kerusakan sendi permanen dan komplikasi lainya, maka dari itu perlu adanya penanganan khusus dan langkah pencegahan dini untuk mengatasinya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengontrol pola makan. Mengkonsumsi makanan berkadar purin sedang dan rendah secara terkontrol.

Pada awalnya gejala penyakit ini terlihat seperti gejala kelelahan saja, dapat dialami hanya beberapa saat tanpa ada keluhan seirus. Kemudian gejala tersebut akan berangsur-angsur menghilang. Namun karena faktor makanan yang kita konsumsi, seperti mengkonsumsi makanan berkadar purin tinggi, maka tanpa disadari gejala penyakit asam urat akan kembali muncul hingga ditandai dengan rasa sakit teramat nyeri di area persendian setiap saat.

Diantara makanan pantangan asam urat adalah jeroan, hewan laut seperti kerang, daging, kacang - kacangan dan lainnya.

Daftar Makanan Pemicu 

Selain faktor usia lanjut penyebab munculnya penyakit ini, adalah mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat purin tinggi menjadi penyebab utama. Penderita asam urat maupun tidak sebaiknya mengurangi atau tidak mengkonsumsi makanan berikut ini :
  1. Jeroan makluk hidup antara lain : usus, rempela, babat, hati, paru-paru, jantung dan lainya
  2. Hewan laut seperti kerang, kepiting, ikan sarden, cumi, sotong, udang, tiram, dan lainya
  3. Daging hewan ternak antara lain daging sapi, daging babi, daging kambing termasuk makanan  kemasan dikaleng seperti kornet, abon.
  4. Meminum minuman mengandung alk*hol dan memiliki kadar gula tinggi serta berpemanis sistesis seperti adanya kadar fruktosa
  5. Makanan bersumber dari jenis unggas antara lain bebek, ayam kalkun
  6. Makanan mengandung kadar lemak dan lemak bersumber dari olahan santan, mentega, es krim, ekstrak kaldu dan berasal dari goreng-gorengan
  7. Buah dan sayuran antara lain : nanas, air kelapa, durian, daun singkong, kangkung, kembang kol, kulit batang bayam, buncis, emping, daun pepaya dan jamur kuping
  8. Berasal dari kacang-kacangan antara lain kacang tanah, tauco, tempe dan susu kedelai
  9. Mengkonsumsi aspirin terlalu sering
Dari kebanyakan penderita yang mengalami, pria cenderung lebih tinggi resikonya dibandingkan dengan wanita. Hal tersebut dikarenakan, wanita memiliki hormon esterogen yang mampu menetralkan kadar asam urat berlebih melalui ginjal. Namun saat memasuki usia monopause, resiko wanita mengidap menyakit ini juga tinggi.

Selain itu, bagi anda yang sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit asam urat sebaiknya juga jangan terlalu sering mengkonsumsinya. Dikarenakan bisa jadi dikemudian hari akan meningkatkan faktor resiko dikemudian hari.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9 Jenis Makanan Berpotensi Meningkatkan Kadar Asam Urat Tinggi

0 komentar: