Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Apa Yang Terjadi Pada Manusia Hanya Memiliki 1 Ginjal ?

Apa Yang Terjadi Pada Manusia Hanya Memiliki 1 Ginjal ? - Beberapa waktu yang lalu, pernah tersebar di media sosial facebook, tentang kasus pencurian ginjal yang dialami oleh seorang mahasiswi asal kota metropolitan Jakarta. Panjang cerita, hingga tanpa disadari ginjal miliknya sudah dicuri oleh yang berkemungkinan besar adalah teman pria yang baru saja dikenal dalam sebuah perayaan di crown pada sabtu malam, hingga mahasiswi tersebut meninggal.

Entah kabar tersebut benar atau tidak. Yang jelas, sikap diri kita mesti selalu mawas diri untuk menghindari kemungkinan cerita itu benar menimpa diri kita. Dalam kasus tersebut, jika kabar yang beredar itu benar, hal tersebut menandakan "ginjal" menjadi organ yang memiliki arti penting untuk kelangsungan hidup seseorang.

Apa yang terjadi jika manusia hanya memiliki 1 (satu) ginjal saja ? apakah masih memiliki kesempatan hidup ?

Bahkan, tak jarang dijumpai kasus yang mendonorkan ginjalnya ke orang lain demi kelangsungan hidup orang yang dicintainya dan ditemukan pula kasus jual beli organ tersebut walau melanggar hukum sekalipun.

Nah, bagaimana jadinya jika manusia hanya memiliki satu ginjal ? Pada artikel sebelumnya sudah ada pembahasan mengenai fungsi ginjal. Dari artikel tersebut, mengingat pentingnya fungsi ginjal, apakah manusia dapat bertahan hidup hanya dengan 1 ginjal ?

Dikutip dari detik health : "Orang yang hidup dengan satu ginjal yang sehat sama dengan orang yang hidup dengan dua ginjal. Kualitas hidupnya akan sama," kata dr Tunggul D Situmorang, SpPD-KGH, dokter ginjal dari MRCCC Siloam.

Walaupun demikian, berbicara mengenai faktor resikonya memiliki satu ginjal harus lebih memperhatikan kualitas pola hidup sehat yang mesti dijalani seperti tidak mengkonsumsi apa saja yang dapat memicu kinerja ginjal terlalu ekstra dalam bekerja.  

Selain itu, pengecekan rutin mesti dilakukan secara berkala untuk memastikan ginjal yang tersisa tersebut apakah masih bekerja secara normal.

Untuk mengindari resiko tersebut, mendonorkan ginjal kepada orang lain memanglah sangat mulia. Namun, perlu dipertimbangkan dari kedua belah pihak baik pendonor ataupun penerima dari sisi kesehatan keduanya.
di Crown pada suatu Sabtu malam
di Crown pada suatu Sabtu malam

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Apa Yang Terjadi Pada Manusia Hanya Memiliki 1 Ginjal ?

0 komentar: