Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Mari Kenali Gejala Penyakit Maag dan Penyebabnya

Yang dirasakan oleh penderita penyakit maag yang sudah dikatakan cukup serius akan mengalami sakit begitu perih pada bagian perut, perut kembung terasa begah sesak, diiringi rasa mual hingga mengalami muntah saat makan, sulit BAB, dan akibat lainya yang timbul. Jika hal tersebut terjadi biasanya penderita lebih memilih untuk tiduran dikarenakan perut yang perih melilit.

Penyakit Maag atau gastiris dapat diderita oleh seseorang tak mengenal batas usia. Beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti pola makan yang buruk, kondisi stress, penggunaan obat-obatan, dan faktor lainya yang dapat menimbulkan penyakit ini. Akibatnya fungsi lambung akan mengalami gangguan seperti terjadinya luka pada lambung dan menimbulkan asam lambung yang berlebihan.

Jangan anggap remeh penyakit maag, kenali gejala penyakit maag sedini mungkin untuk menghindari maag kronis.

Selain itu, faktor penyebab penyakit maag dapat pula berasal dari masuknya microorganisme merugikan bernama helicobacter pylory yang dapat berakibat peradangan pada lambung hingga timbul masalah kanker lambung.

Untuk menghindari penyakit ini lebih dini, kenali gejala dan penyebabnya berikut ini :

Penyebab Yang Harus Diketahui :
  1. Pola makan yang buruk - makan yang tidak teratur apalagi telat makan yang sudah menjadi kebiasaan akan membuat perut kosong yang mengakibatkan produksi asam lambung akan meningkat, jika dibiarkan lambung akan mengalami peradangan.
  2. Kondisi stress akan membuat asam lambung meningkat.
  3. Meminum minuman yang bersoda berlebihan
  4. Minum kopi berlebihan
  5. Mengkonsumsi obat-obatan tertantu dan mengkonsumsi alkohol
  6. Bergadang dan pola tidur yang tidak teratur
  7. Adanya microorganisme merugikan bernama helicobacter pylory 
Gejala penyakit maag :
  1. Sering bersendawa
  2. Perut kembung begah terada sesak
  3. Cepat merasa lapar - berbeda dengan kondisi lambung yang normal, penderita maag biasanya akan merasa cepat lapar walapun belum terlalu lama makan. Akan tetapi jika makan akan cepat kenyang. Hal ini dikarenakan penderita maag terbiasa dengan perut kosong seanjutnya akan makan terlalu banyak untuk mengisi kekosongan lambung. Akibatnya otak akan terprogram bahwa makanan yang masuk belum mencukukupi asupanan makanan ideal perhari.
  4. Sakit saat buang air besar - biasanya penderita maag akan merasa mulas atau perut terasa sakit saat BAB yang terjadi dikarenakan adanya gangguan pencernaan.
  5. Mual dan muntah - berlebihnya asam lambung akan membuat naik ke atas mulut yang mengakibatkan mual-mual
  6. Rasa perih yang terjadi pada bagian perut dan dada - jika mengalami gejala ini sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, bisa jadi ada kaitanya dengan jantung
Mudah-mudahan artikel ini dapat mengatasi langkah dini untuk mencegah penyakit maag timbul menimpa diri kita.

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+
    Share on Whatapps
    Share on BBM
    Share on Line
    Share on Gmail
    Tags :

    Related : Mari Kenali Gejala Penyakit Maag dan Penyebabnya

    0 komentar: