Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Makanan Yang Baik dan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Maag

Sebagai penderita penyakit maag, memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi oleh tubuh sangatlah penting sekali. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari penyakit maag kambuh. Tak sedikit diantara mereka mengindahi asupan makanan yang masuk ke lambung, yang kemudian dapat meningkatkan asam lambung naik.

Penderita penyakit maag harus mengetahui pantangan makanan yang baik dan yang harus dihindari untuk mencegah penyakit maag kambuh.

Dikarenakan dinding lambung yang tipis, rentan sekali terjadi iritasi dikala asam lambung meningkat. Untuk itu, penderita maag baik dalam stadium akut atau kronis, memilah makanan mana yang baik dan yang harus dihindari mestilah diketahui jika tidak menginginkan maag tersebut kambuh.

Makanan yang baik untuk penderita maag :
  1. Kentang - Sangat baik dikonsumsi dipagi hari oleh penderita maag yang menghindari lambung bekerja dengan ekstra. Kentang cukup baik dicerna dan memiliki karbohidrat yang cukup sebagai sumber energi dan membuat rasa kenyang. Kentang juga berfungsi untuk menetralisir asam lambung karena bersifat basa.
  2. Lidah Buaya - Tak banyak yang menyukai tanaman ini jika dikonsumsi karena rasanya "langu" dilidah. Namun, demi kesehatan sebaiknya penderita maag mengkonsumsi tanaman ini dikarenakan banyak manfaat padanya. Konsumsi daging lidah buaya dan memakannya begitu saja. Kandungan mukopolisakarida sangat baik untuk memulihkan radang, meredakan panas dalam dan luka yang terjadi dilambung. Selain itu, kandungan saponin yang berfungsi sebagai antiseptik dan yang tak kalah penting zat antrakuinon dalam lidah buaya dapat mempercepat merangsang pertumbuhan sel-sel baru pada kulit.
  3. Brokoli, Bawang Merah dan Bawang Putih - Makanan ini banyak mengandung sulfur yang baik untuk lambung. Selain itu, terdapat zat antioksidan yang baik untuk perbaikan dinding lambung.
  4. Pepaya - Kandungan papain didalam buah pepaya, mampu meningkatkan sistem kinerja pencernaan. Yang biasa digunakan untuk mengatasi sulit BAB. 
  5. Sari kedelai yang mengandung vitamin E membantu memperbaiki sistem pencernaan
  6. Mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti yang terdapat pada ikan tenggiri, sarden, salmon yang dapat meredakan asam lambung dan omega 3 menghasilkan senyawa aktif yang dapat melindungi seluruh dinding lapisan pencernaan.
Mengkonsumsi makanan yang bertekstur keras masuk ke lambung juga perlu dihindari walaupun itu makanan yang baik untuk lambung, hal tersebut untuk mengindari kinerja lambung yang berat. Solusinya dengan menguyah makanan hingga lembut, dikarenakan air liur kita akan membantu proses pencernaan yang terjadi dilambung. 

Selanjutnya adalah menghindari makanan yang tidak baik untuk lambung :
  1. Menghindari minuman yang mengandung gas seperti minuman bersoda, minuman kemasan yang bersifat asam, cuka, memiliki kadar alkohol dan berpengawet gula sintesis serta kopi.
  2. Makanan pedas
  3. Menghindari mengkonsumsi makanan yang terlalu dingin atau panas
  4. Makanan cepat saji dalam kemasan seperti mie instan
  5. Buah-buahan yang bersifat asam seperti kedondong, jambu jenis tertentu, nanas dan buahan lainya yang bersifat asam
  6. Gorengan - kebanyakan yang ada gorengan banyak mengandung lemak jenuh dan tinggi kandungan lemak hasil penggorengan yang tidak cocok untuk penderita lambung
Selain itu, penderita maag lebih memperhatikan porsi banyaknya asupan makanan yang masuk, tidak terlalu banyak makan dipagi hari untuk menghindari kinerja lambung yang ekstra, mengkonsumsi makanan yang lunak sedikit demi sedikit bisa menjadi solusi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Makanan Yang Baik dan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Maag

0 komentar: