Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Macam Jenis Penyakit Jantung, Resiko dan Penyebabnya

Macam Jenis Penyakit Jantung, Resiko dan Penyebabnya - Bersumber dari website departemen kesehatan Indonesia menunjukan bahwa penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor satu yang terjadi di negara maju maupun berkembang. dan menurut data WHO pada tahun 2005, sebanyak 58 juta total kematian pertahun, 30% atau 17,5 juta kematian disebabkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah.Yang diperkirakan data tersebut pada tahun 2015 akan meningkat menjadi 20 juta jiwa. 

Tingginya angka kematian yang disebabkan olah penyakit jantung, tidak lain disebabkanan karena pola hidup yang tidak sehat dimulai dari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, stress dan kurangnya aktivitas olahraga).

Jeni Penyakit Jantung, Resiko dan Penyebabnya

Berbagai kasus yang ditemukan dilapangan yang ditangani oleh ahli kedokteran khusus jantung, penderita penyakit jantung mengalami gangguan masalah fungsi jantung yang beragam jenisnya, apa saja ?

1. Heart Failure
Gagal jantung terjadi dikarenakan aktivitas jantung yang memompa darah abnormal yang mengakibatkan suplai darah keseluruh tubuh tidak terpenuhi. Ditandai dengan gejala pembengkakan pada kaki dan tangan, nafas pendek seperti habis berlari, kondisi lelah terus menerus tanpa melakukan aktivitas dan ketidaknyamanan pada area dada, jika tidak teratasi resiko kematian.


Penyakit jantung itu bukan hanya satu jenis saja, ada beberapa jenis penyakit jantung, resiko dan penyebab timbulnya penyakit jantung.

2. Aritmia
Kondisi ini ditandai dengan irama dan detak jantung tak normal seperti biasanya, terlalu cepat, terlalu lemah dan tidak teratur yang disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah jantung dan kurangnya kalsium.

3. Jantung Koroner
Faktor utama penyebabnya adalah merokok dan darah tinggi (hipertensi). Terganggunya suplai darah dari dan ke jantung yang terjadi disebabkan oleh plak berupa lapisan lemak atau timbunan lemak di dinding pembuluh darah.

Ditandai dengan gejala keringat dingin, nyeri di dada yang menjalar kepunggung belakang pada lengan kiri dan leher dan rasa mual tetapi tidak muntah.

4. Perikarditis
Gangguan peradangan yang terjadi pada kantung jantung yang disebabkan oleh infeksi virus yang mengakibatkan penebalan dan penimbunan cairan pada jantung. Ditandai dengan gejala batuk kering pendek, tekanan darah tinggi dan sesak nafas.

5. Jantung Rematik
Bakteri streptokokus yang tidak segera diatasi menyerang tenggorokan kemudian terjadi infeksi mengakibatkan demam rematik. Ini adalah awal mula terjadinya jantung rematik yang berakibat pada kerusakan katup jantung.

6. Infark Miokard Akut
Gangguan yang terjadi dikarenakan kematian otot jantung yang disebabkan oleh penyumbatan arteri koroner sehingga otot-otot jantung tidak mendapati suplai darah.

Bagi siapa saja yang menderita penyakit jantung, kenali lebih spesifik gejala penyakit jantung yang dialami dengan berkonsultasi pada dokter khusus spesialis jantung untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Mengontrol kembali pola hidup sehat (mengkonsumsi makanan yang sehat untuk jantung, bila perlu minum suplemen jantung yang terbuat dari bahan herbal yang sudah terbukti klinis).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Macam Jenis Penyakit Jantung, Resiko dan Penyebabnya

0 komentar: