Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Kenali Gejala Penyakit Ginjal dan Penyebabnya

Kenali Gejala Penyakit Ginjal dan Penyebabnya - Taukahkah kita, fungsi ginjal itu untuk apa ? Mari kita kenali terlebih dahulu, Beberapa fungsi ginjal diantaranya antara lain : mengendalikan kadar gula dalam darah, menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam darah, menjaga tekanan osmosis, menjaga Ph plasma darah agar tetap normal dan fungsi lainya.

Selain itu, fungsi ginjal tak kalah pentingnya adalah sebagai tempat filterisasi darah yang merupakan tempat penyaringan darah dari zat-zat berbahaya yang terkandung didalam darah masuk melewati makanan, udara, radikal bebas dan lainya.

Fungsi ginjal salah satunya sebagai filterisasi darah. Sebelum terlambat kenali gejala penyakit ginjal dan penyebabnya untuk menghindari kerusakan ginjal sejak dini.

Bayangkan apa yang terjadi jika ginjal yang kita miliki, kinerjanya mengalami gangguan. Sebelum kita terserang penyakit ginjal akut maupun kronis, mencegah dengan cara mengenali gejala awal penyakit ginjal dan penyebabnya terlebih dahulu tentu lebih baik ketimbang kita sudah terserang penyakit ini.

Gejala Penyakit Ginjal

Seringkali terdengar yang kita pahami saat ini, bahwa kekurangan minum air putih menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit ginjal. Ketika itu terjadi ditandai dengan area pinggang sering terasa sakit, apakah demikian ? Mari kita kenali gejalanya lebih lanjut :
  1. Mengalami nyeri saat buang air kecil, umumnya terjadi ketika bangun di malam hari. Saat buang air kecil walaupun sedikit dan memiliki warna tak seperti biasanya yang lebih pekat.
  2. Sering buang air kecil walaupun jarang minum
  3. Cepat merasa lelah
  4. Sakit nyeri diarea pinggang bagian belakang atas pinggul, lipatan paha, bagian bawah perut yang muncul secara tiba-tiba tanpa melakukan aktivitas mengangkat
  5. Tubuh mengalami kedinginan pada malam hari ketika itu terjadi akan terbangun dari tidur
  6. Terjadi rasa gatal pada kulit dan adanya ruam-ruam di kulit (pori-pori membesar dan kulit bewarna merah yang menyebar terasa gatal) dikarenakan fungsi ginjal sebagai filterisasi darah terganggu yang berakibat racun menumpuk dalam darah.
  7. Bengkak pada bagian tubuh terutama pada kaki, muka, pergelangan tangan dan kaki dan lengan.
  8. Rasa pegal di bagian kaki
Dari beberapa gejala yang timbul pada ginjal yang sudah terdapat tanda-tanda kerusakan baik akut maupun kronis disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini :
  1. Kurang mengontrol asupan makanan yang masuk kedalam tubuh, misalnya mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan penyawet, perasa buatan dan pemanis sintesis.
  2. Kurangnya mengkonsumsi air putih, walaupun demikian jika minum air putih kenali ciri air putih yang tidak mengandung logam berbahaya.
  3. Minum-minuman yang mengandung alkohol, soda dan serbuk perasa. Kebanyakan orang menyukainya pada minuman sachet maupun kemasan yang dicampur madu, susu, jahe, namun jangan dikira sehat walaupun rasa yang enak.
  4. Meminum obat-obatan terlarang dan obat-obatan yang tidak sesuai dengan petunjuk dokter
Kebanyakan penyakit timbul itu bermula dari pola hidup kita yang kurang sehat seperti mengkonsumsi makanan instan terlalu sering tanpa memperhatikan resiko walapun terbilang enak. Mungkin hari ini tidak ada dampaknya, akan tetapi dalam jangka waktu tertentu pasti akan menimbulkan efek buruknya bagi tubuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Kenali Gejala Penyakit Ginjal dan Penyebabnya

0 komentar: