Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Gejala dan Penyebab Penyakit Paru Paru Basah

Penyakit Paru Paru Basah - Salah satu fungsi paru-paru manusia adalah untuk menukar oksigen yang dihirup melalui hidung dengan karbon dioksida yang ada di dalam darah (proses respirasi). Apa yang terjadi jika kita mengalami gangguan pada pernafasan ?

Pneumonia adalah istilah medis dari penyakit paru-paru basah yang menyerang paru-paru. Penyakit ini adalah gangguan yang cukup serius yang terjadi di organ paru-paru manusia yang dapat menghambat suplai oksigen masuk ke darah.


Penyebabnya Yang Harus Diketahui

Banyak faktor yang menjadi penyebab dari penyakit paru-paru basah antara lain disebabkan oleh jamur, bakteri, virus yang masuk ke dalam paru-paru melalui proses bernafas yang mengakibatkan peradangan pada paru-paru dan jika sudah dalam kondisi akut, akan ditemui pada paru-paru terutama pada alveoli (kantung udara) berupa cairan dan nanah.

Kenali gejala dan penyebab penyakit paru paru basah, bagaimana mengenali jika kita atau seseorang menderita penyakit ini ?

Akan tetapi faktor lainya dapat disebabkan oleh bakteri Streptococcus Pneumoniae yang ada ditenggorokan. Bakteri ini dapat kapan saja masuk ke dalam paru-paru jika sistem kekebalan tubuh seseorang secang menurun.

Penyebab lainya juga disebabkan karena udara yang dingin, sering bepergian tanpa menggunakan pelindung dada dan masker. Hal ini dapat terjadi dalam proses yang cukup panjang.

Beberapa Gejala Yang Muncul

Bagaimana mengenali jika kita atau seseorang menderita penyakit ini ? Untuk mengenalinya terkadang akan tergolong sulit mendeteksinya karena gejala awalnya hampir sama ketika kita sedang mengalami flu atau batuk, akan tetapi kita dapat melihatnya lebih lanjut perkembangannya.
  1. Flu yang berkepanjangan
  2. Sering mengalami bersin-bersin dan ingin selalu bersin
  3. Nyeri pada bagian dada saat bernafas terutama jika bernafas secara dalam-dalam
  4. Sesak nafas
  5. Mengalami siklus Demam (panas dimalam hari)
  6. Mengalami batuk berdahak yang berbunyi grok grok, mengeluarkan dahak bewarna kuning, coklat, hijau dan merah. Warna dahak biasanya menunjukan tingkat keparahan dari penyakit tersebut.
  7. Telapak tangan dan kaki terasa dingin dan berkeringat, walaupun cuaca dalam kondisi panas, ini terjadi terutama pada malam hari
  8. Perubahan yang terjadi pada warna kulit dikarenakan kurangnya asupan oksigen yang masuk ke seluruh tubuh.
Walaupun terkadang gejala penyakit paru-paru basah yang selama ini terjadi pada diri seseorang terjadi dengan beragam gejala, akan tetapi gejala umumnya seperti yang telah disebutkan.

Untuk menguatkan apakah seseorang menderita penyakit paru-paru basah, dokter biasanya menggunakan tindakan medis lebih lanjut misalnya seperti mendengarkan irama nafas menggunakan stetoskop, melakukan tes darah (untuk mendeteksi adalah virus pneumonia yang menyerang) hingga tindakan rontgen dada (untuk mengetahui kondisi paru-paru yang dapat dilihat di gambar).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Gejala dan Penyebab Penyakit Paru Paru Basah

0 komentar: