Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Kenali 7 Ciri Ciri Gejala Peyakit Jantung Sejak Dini

Seperti yang kita ketahui bersama, jantung merupakan organ dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk memompa aliran darah keseluruh tubuh tanpa henti walaupun kita berada pada kondisi tidur sekalipun. Coba kita sejenak bertanya, apa yang akan terjadi ketika Jantung berhenti mempompa aliran darah ke seluruh tubuh ? atau apa yang terjadi jika aliran darah yang seharusnya diterima ke berbagai organ penting dalam tubuh kita terhambat karena adanya gangguan tersumbatnya pembuluh darah ? 

Menjawab pertanyaan tersebut adalah darah tidak akan dapat disalurkan dengan baik dan lancar atau terhenti ke berbagai organ yang ada di dalam tubuh kita, sehingga secara otomatis oksigen yang dibawa tidak bisa didistribusikan ke otot-otot tubuh, otak, jaringan, pembuluh darah, sel - sel dan bagian organ penting lainnya. Hal inilah yang patut kita waspadai sedini mungkin. 

Kondisi semacam ini bisa saja terjadi pada siapa saja, baik pada orang yang sudah lanjut usia maupun mereka yang masih muda sekalipun. Kondisi serangan jantung secara tiba - tiba kapan saja dapat terjadi. Yang mana, pembuluh darah pada bagian jantung mengalami penyumbatan. Sebagian kasus yang ditangani oleh dokter, kebanyakan dari mereka mengalami masalah penyumbatan di daerah arteri pembuluh darah yang terletak di katup jantung, penumpukan lemak, kolesterol yang melebihi ambang batas normal.

Diartikel ini anda dapat mengetahui secara detail mengenai gejala penyakit jantung, ciri ciri sakit jantung dan tanda tanda penyakit jantung...

Tidak lain faktor penyebab penyakit jantung untuk masalah ini adalah pola makan yang kurang terkontrol dengan baik. Misalnya, kesukaan dengan makanan yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi seperti gorengan, makanan dari olahan santan, daging dan sebagainya. Sehingga dapat memicu munculnya pemasalahn ini dalam jangka waktu tertentu atau dalam beberapa tahun berlangsung akan menimbulkan plak di daerah pembuluh arteri darah jantung. Jika permasalah ini terus saja berlanjut tanpa adanya langkah pengobatan, bisa saja resiko terkena serangan jantung akan terjadi. Jenis penyakit jantung semacam ini seringkali terjadi yang dikenal dengan jantung koroner.

Seperti yang telah kami beritahukan kepada anda tadi, serangan jantung dapat terjadi kapan dan dimana saja, kemudian dewasa ini tanpa mengenal usia. Seolah - olah tak ada gejala penyakit jantung yang dapat kita ketahui tandanya. Hal ini pernah terjadi pada teman wanita kuliah admin dulu di tahun 2014, ia seorang wanita yang cukup berprestasi, cantik, periang dan baik sekali. Setelah lulus berselang waktu 6 bulan, tak dikira admin mendengar kabar ia terkena serangan jantung dan kemudian meninggal dunia karena tak tertolong. Admin sendiri tak menyangka dalam usianya yang ke 23 tahun setelah lulus kuliah ia terkena penyakit ini. Padahal saat kuliah, tak pernah kelihatan kalau ia terlihat seperti orang yang sedang sakit.

Gejala Penyakit Jantung

Mengingat resiko dari penyakit jantung ini sangat berbahaya yang dapat merenggut keberlangsungan hidup penderitanya. Untuk itu sedini mungkin, bagi mereka yang mengalami permasalahan dengan kondisi kesehatan jantungnya, memiliki resiko terkena penyakit jantung dan faktor lainnya... agar dapat sedini mungkin untuk mencegah dan meminimalisir hal tersebut dapat terjadi dengan cara mengenali gejala penyakit jantung yang dapat dilakukan sendiri. 

Ini dibuktikan dari data yang tercatat di WHO bahwa penyakit jantung hingga saat ini masih menjadi penyakit yang menakutkan di dunia dan menjadi penyumbang terbesar kematian di dunia. Untuklah pentingnya menghindari resiko terburuk sekecil apapun pada jantung kita dengan  mengenali gejala penyakit jantung berikut ini :

1. Mengalami Nyeri Pada Bagian Dada
Terkadang terasa sesak pada bagian dada umumnya terjadi pada bagian kiri yang disebabkan adanya gangguan pada otot jantung karena tidak mendapatkan darah yang cukup. Kondisi nyeri ini dialami oleh setiap penderita terkadang berbeda-beda tergantung tingkatan gejala penyakit yang diderita. Jika terlalu sering dialami tentu perlu perhatian khusus akan hal ini. 

Kondisi ini terjadi biasanya tanpa sebab yang pasti. Terkadang saat lagi bersantai pun, tiba - tiba dada sebelah kiri terasa agak nyeri. Apabila semakin hari, gejala ini sering berlanjut dan anda alami sebaiknya anda patut mewaspadai. Langkah utamanya, kami sarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukannya pengecekan rekam denyut irama jantung. Jika irama jantung tak normal, pastilah dokter akan memberi saran yang terbaik buat anda.

2. Kelelahan Jika Melakukan Aktivitas Ringan
Padahal tidak melakukan aktivitas yang berlebih akan tetapi tubuh terasa cepat lelah melakukan aktivitas yang ringan sekalipun. Jika sering mengalami kondisi ini, bisa jadi gejala awal yang timbul. Penyebabnya dikarenakan kinerja Jantung kurang optimal seperti biasanya dalam memompa darah dan menyalurkan keseluruh tubuh karena ada aliran darah yang tidak normal menuju dan ke arah jantung.

3. Sering Mengalami Palpitasi
Palpitasi adalah istilah medisnya yang bearti kondisi Jantung berdebar-debar. Hal yang wajar ketika kita berada pada kondisi "panik/gugup" bertemu dengan seseorang, biasanya menghadapi persentasi atau kondisi lainya yang menyebabkan Jantung kita berdegub tak seperti biasanya atau berdebar-debar. Ini merupakan gejala penyakit jantung yang sering terjadi dan diabaikan tanpa adanya kecurigaan dengan permasalahan ini. Namun, yang perlu diwaspadai ketika keadaan itu tak terjadi tetapi Jantung berdegub / berdebar-debar, kondisi ini perlu anda cek segera. Kondisi lainnya yang menimbulkan jantung berdebar terkadang dapat dipengaruhi penggunaan obat - obatan dengan dosis tinggi dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, setiap obat yang anda minum sebaiknya diberikan atas petunjuk resep dari dokter yang menangani penyakit anda.

4. Mengalami Gangguan Pencernaan
Indikator ketika penderita mengalami ganguan pencernaan biasanya dikaitkan dengan kondisi lambung atau maag yang bermasalah. Namun, ini bisa jadi sinyal awal yang terjadi pada area perut dikarenakan sumbatan lemak di arteri akan mengurangi suplai darah ke jantung yang biasanya terjadi di dada kadang bisa muncul pada aera perut.

5. Sering Mengalami Pusing, Mual dan Pingsan
Perasaan pusing, mual dan pingsan mata berkunang - kunang tanpa melakukan aktivitas yang berat, tanda-tanda ini dialami ketika kondisi Jantung memang sudah diperlukan perhatian khusus. Ini disebabkan penurunan aliran suplai darah karena denyut dan irama Jantung yang abnormal. 



6. Keringat Dingin atau Gampang Berkeringat
Sinyal kecil yang dapat dilihat umumnya pada kedua telapak tangan yang mengeluarkan keringat berlebih tanpa melakukan aktivitas olahraga, Namun, gejala penyakit jantung semacam ini ada beberapa orang menyebutya hanyalah mitos. Untuk membaca artikel terkait dengan permasalahan ini benar atau tidaknya, anda dapat mengunjungi artikel kami yang lainnya dengan judul 10 Anggapan Salah Tentang Penyakit Jantung

7. Nyeri Yang Tak Lazim Pada Bagian Tubuh
Beberapa menit pertama adalah sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan penderita. Beberapa kerusakan akibat serangan jantung dapat diperbaiki pada jam pertama saja. Gejala yang utama serangan jantung adalah sakit yang sangat pada dada. Sakit bisa saja terjadi pada bahu, perut, lengan, leher, rahang dan punggung.

Mengingat bahaya penyakit Jantung yang begitu besar dapat mengancam kehidupan, alangkah baiknya sejak dini kita tidak menganggap remeh terhadap gejala penyakit Jantung yang dialami seperti pada pemaparan yang telah kami sampaikan di atas. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati, menerapkan pola hidup sehat seperti olah raga teratur, makan - makanan yang bergizi dan sebagainya adalah kunci untuk menghidari hal tersebut terjadi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Kenali 7 Ciri Ciri Gejala Peyakit Jantung Sejak Dini

0 komentar: